Selasa, 03 Desember 2013

Menelepon dengan Benar

Bahasa ketika bertelepon harus santun pula,artinya meskipun kita telah mengenal dekat orang yang menelepon tetapi ketika bertelepon harus sopan,hormat,tidak menggunakan kata-kata yang kurang baik atau memanggil dengan sebutan yang tidak pada tempat nya atau tidak pantas (sekalipun maksudnya hanya bercanda). Ciri orang yang profesional ialah mampu mengendalikan diri,termaksud mengendalikan emosi berupa rasa kesal.

         Ketika seseorang bertelepon,apa yang dikatakan dan bagaimana sikap yang muncul, mencerminkan kepribadiannya. Hal lain yang harus diperhatikan ketika bertelepon ialah tidak berbicara dengan orang lain (kecuali telekonferensi). Pada saat bertelepon, selain penggunaan bahasa harus efektif dan efisien, maka intonasi suara pun harus diperhatikan. Kata-kata diucapkan secara jelas,tekanan pada kata-kata yang penting volume suara (rendah dan nyaring). Nada suara tidak boleh datar (perhatikanlah jeda antar kata).

Ada 4 etika penting yang harus diperhatikan :
1. Lakukan beberapa persiapan sebelum menelepon
Sebelum menekan nomor yang akan dihubungi, catatlah poin-poin yang hendak dibicarakan. Teknik tersebut merupakan teknik yang paling efektif agar percakapan berjalan lancar. Persiapkan juga alat tulis seperti catatan dan pulpen jika Anda butuh menulis hal-hal penting yang disampaikan penerima telepon.
2. Perkenalkan diri terlebih dahulu
Setelah melakukan persiapan diatas, lakukan sebagaimana menelepon yang baik seperti mengucapkan salam dan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung penerima telepon. Setelah semua langkah tersebut dilakukan, lanjutkan ke inti pembicaraan.
3. Sampaikan ringkasan percakapan
Komunikasi bisa dikatakan sempurna jika penerima telepon memahami dengan baik apa yang dibicarakan. Untuk memastikannya, baik bagi Anda untuk menyampaikan kembali isi percakapan secara keseluruhan secara ringkas, atau mintalah penerima telepon memastikannya.
Hal tersebut memastikan bahwa kedua pihak memahami isi pembicaraan dengan baik dan tak ada bagian percakapan yang terlewat.
 4. Mengakhiri Telepon dengan Sopan
Setelah anda merasa sudah mendapatkan informasi yang anda butuhkan, ucapkan terimakasih karena sudah memberikan informasi tersebut dan tentunya dengan nada yang sopan dan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar